Sabilafams Banner

5 Barang Legend Pribadi, Asal dan Sejarahnya

Barang Legend

Hai Fams.. Masih punya barang legend pribadi dirumahmu? Ada berapa banyak nih barang legend yang masih disimpan?

Apa sih barang legend itu? Apa maksudnya dengan barang legend?

Barang legend yang kumaksud disini cuma barang berharga yang kita miliki saja kok. Tapi, mungkin tidak semua barang berharga tersebut bernilai uang lho. Barang legend ini bisa berarti barang favorit dan berharga yang mungkin tidak bisa tergantikan dengan uang sekalipun.

Nah lho, coba dipikirkan lagi yuk ada atau enggak nih barang legend yang aku maksud? Wah, masih berfikir juga kah? Sambil berpikir bisa sambil baca-baca dulu nih tentang barang legend milikku. Dan apa sih pentingnya barang legend tersebut. 

Pentingnya Barang Legend Pribadiku

Sebuah barang pribadi favorit pasti akan selalu dijaga dan dirawat. Bisa jadi barang tersebut juga selalu kita gunakan karena kita nyaman dengannya. Sebuah barang yang sudah lama digunakan maupun barang yang sering aku gunakan inilah yang aku sebut dengan barang legend.

Barang legend menurutku ini memang barang yang sudah tua dan bernilai tidak terlalu besar. Tapi aku sangat menyayangi semua barang tersebut. Bahkan sebagian besar barang legend yang aku punya sudah tidak bernilai lagi jika dijual. Hahaa. Aku memang tidak berniat untuk menjualnya kok.

Sebenarnya, semua barang legend yang aku punya tidak terlalu susah memilihnya. Karena terdapat beberapa kriteria dari benda legend yang sudah aku pilih. Apa sajakah itu? 

Kriteria Benda Legend

Kriteria benda legend ini merupakan kriteria pribadiku saat memilih benda apa saja yang aku miliki. Tentu saja, benda favorit yang aku pilih semuanya mempunyai arti yang penting. Apa saja sih kriteria benda milikku ini? 

1. Nyaman

Sebuah benda yang aku pakai semuanya nyaman. Dengan kenyamanan barang tersebut pasti aku sendiri lebih suka memakainya dibandingkan dengan barang yang tidak nyaman.

Tentu saja, sebuah benda bisa aku katakan nyaman juga melalui proses yang tidak sebentar. Semua barang baru yang dimiliki pasti akan aku coba dan menyimpulkannya. Apakah barang tersebut nyaman dipakai atau tidak.

2. Mempunyai Sejarah

Sebuah benda legend yang aku punya pasti sudah lama dan mempunyai sejarahnya masing-masing. Dari manakah aku mendapatkan barang tersebut? Kapan memilikinya? Dan kenapa aku menyimpannya hingga saat ini. 

Dengan mengetahui sejarahnya, tentu saja aku pasti akan merawatnya dengan lebih baik. Dan dengan sejarah dibaliknya, aku juga bisa mengingat apa kisah apa saja yang sudah aku lewati bersama barang tersebut.

Itulah beberapa kriteria barang legend yang aku pilih. Lalu, benda apa saja sih yang termasuk barang legend pribadiku? 

List Barang Pribadi Legend

Saat di beri tema oleh ISB di tantangan ODOP(One Day One Post) tentang barang legend, aku langsung kepikiran beberapa barang dibawah ini. Barang yang selalu bersamaku walaupun aku sudah menikah dan memiliki anak. Ini dia list barang legend pribadiku:

1. Selimut Pribadi

Sebuah selimut yang selalu menemaniku tiap malam saat tidur atau berbaring. Selimut yang sudah bertahun-tahun bersama hingga saat ini. Walaupun setelah menikah punya selimut baru, tapi selimut pribadiku saat ini masih tetap sama.

Selimut berwarna orange yang saat ini sudah mulai menipis karena usianya. Sebenarnya aku tidak terlalu ingat dengan pasti kapan memiliki selimut ini. Tapi sepengetahuanku, selimut ini sudah menemaniku saat gempa yang terjadi di Jogja di tahun 2006. Jadi kurang lebih sudah sekitar 16 tahun selimut ini menemaniku.

Selimut ini juga tidak aku beli sendiri. Aku mendapatkan selimut ini juga entah dari siapa. Karena saat gempa dahulu seluruh keluarga besar berkumpul bersama di halaman rumah. Karena kebetulan rumah tempat tinggalku sejak kecil berdekatan dengan saudara yang lain. Jadi aku besar dengan tetanggaku yaitu saudaraku sendiri. Saat itulah aku mulai memakai selimut hingga saat ini.

2. Tas Kecil

Aku adalah tipe orang yang belum mengganti barang sebelum barang tersebut benar-benar rusak atau hilang. Sama seperti tas legend yang aku pilih ini. Sebenarnya tidak ada arti atau makna spesial dari memilih tas ini. Cuma aku merasa nyaman dengan tas legend pribadiku ini.

Tas yang terbuat dari resleting yang digabung-gabungkan menjadi sebuah tas ini dulu sempat populer. Tapi seiring dengan waktu sekarang sudah jarang yang memakai tas seperti ini. Dan aku masih memakainya hingga saat ini karena tas ini nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Walaupun aku memiliki tas yang lain, entah kenapa kebanyakan tas tersebut masuk ke lemari saja dan jarang aku gunakan. Sedangkan tas harianku inilah yang selalu menemaniku setiap saat. Bukan karena harganya dan bukan juga karena modelnya. Tapi karena efisiensi dan kegunaan tas ini.

Aku biasa memakainya untuk membawa uang, identitas diri, kartu atm, dan HP. Mirip seperti dompet, dan tas ini enak banget dipakai buat ke pasar, warung, minimarket, dan sebagainya. Karena aku tipe orang yang simple, jadi membawa barang seadanya saja.

jenis barang

3. Sajadah

Barang legend selanjutnya adalah sajadah. Sajadah yang sudah lama aku gunakan sejak masih sekolah. Mungkin sudah lebih dari 20 tahun aku memakai sajadah ini. Sajadah ini merupakan pemberian dari orang tuaku dan masih aku gunakan hingga saat ini.

Walaupun sudah lama dan sudah menipis. Saat digunakan untuk sholat pun saat sujud rasanya seperti beralaskan selembar kain sarung. Jadi tidak terasa empuk tapi keras karena langsung terasa lantainya. Seperti itulah rasa dari tipisnya sajadah legend ini. Tapi sampai saat ini masih aku simpan dan aku pakai bergantian dengan sajadah yang lain.

4. Al-Qur'an

Sebuah Al-Qur'an legend yang aku miliki ini adalah pemberian dari ayahku. Lebih tepatnya aku minta ke ayahku agar diberikan ke aku sih. Dan kebanyakan benda legend yang aku miliki sepertinya berasal dari pemberian orang lain ya. Hahaa.

Al-Qur'an kecil dengan ukuran kurang lebih panjang 6cm dan lebar 4cm. Aku suka sekali Al-Qur'an ini khususnya untuk dibawa di perjalanan. Al-Qur'an ini juga sudah menemaniku lebih dari 10 tahun. Dan umur dari Al-Qur'an ini tentu saja lebih dari 20 tahun.

Saat masih remaja aku juga suka membawa Al-Qur'an ini saat tadarus keliling di kampung. Seperti namanya yaitu tadarus keliling, jadi lokasi tadarus pasti berpindah-pindah dari satu rumah dan hari berikutnya ke rumah yang lain. Untuk itulah aku lebih suka membawa barang yang kecil dan simple sehingga saat jalan Al-Qur'an tetap aman.

Jenis Barang Legend

5. Uang

Benda terakhir pada list barang legend kali ini adalah sebuah uang. Hah, kok uang jadi benda legend sih? Bukannya aku mata duitan ya, tapi uang yang aku maksud disini berbeda. Aku suka mengoleksi berbagai jenis uang. Seperti uang jaman dulu dan berbagai jenis mata uang dari luar negri. Yah, walaupun aku belum pernah keluar negri sih.

Beberapa uang ini diberikan padaku dari jaman ayahku saat kecil. Jadi aku adalah orang yang menyimpan uang ini generasi ke-2. Tapi uangku disini tidak banyak dan tidak seserius seperti kolektor uang. Karena uang yang aku kumpulkan hanya manual dan tidak diperjual belikan. Hanya sekedar suka saja untuk menyimpannya dan bukan mengoleksinya.

Lokasi penyimpanan uang ini juga aku taruh di dompet masa SMA ku. Kurang lebih sekitar tahun 2008 aku menyimpan uang ini. Jadi sudah 14 tahun uang ini ada di tanganku. Yah, tidak semuanya sih karena ada beberapa uang yang masih bisa laku jika digunakan untuk jual beli.

Nah, itulah beberapa list barang legend pribadiku. Bagaimana denganmu? Sudah menemukan apa saja barang legend pribadimu? Yuk komen dan ceritakan barang legend apa milikmu.

Semoga artikel ini menghibur ya Fams.. Terima Kasih.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar